Cara Menanam Dan Budidaya Blueberry

Apa itu blueberry? Blueberry merupakan nama buah dari salah satu tanaman yang masuk dalam keluarga Vaccinium dan mempunyai nama sub keluarga lebih spesifik yaitu Cyannococcus.

Blueberry ini berasal dari Amerika Utara yang bisa tumbuh di area sub tropis. Blueberry yang masak berdaging putih atau kehijauan, berukuran sekitar 5 – 16mm, dan bentuk buah yang bulat mempunyai mahkota diujung buahnya.

Blueberry adalah jenis buah-buahan yang berkhasiat, sudah banyak sekali produk kesehatan yang terbuat dari blueberry ini, salah satu produk terbaru yang berbahan blueberry yaitu berry jus diolah dengan menggunakan teknologi terkini yaitu nano technology.

Meski blueberry ini berasal dari Amerika Utara, sekarang sudah banyak dibudidayakan seperti di Australia, New Zealand, dan negara-negara Amerika Selatan.

Amerika serikat adalah produsen blueberry terbesar didunia. Didalam blueberry terdapat kandaungan antioxidant polyphenol dan anthocyanin yang mempunyai kemampuan untuk mencegah perkembangan kanker, jantung koroner, dan stroke.

Banyaknya khasiat dan manfaat pada blueberry sehingga tidak heran ada banyak orang yang ingin menanam dan budidaya blueberry.

Berikut adalah cara menanam dan budidaya blueberry yang bisa anda lakukan :

Syarat tumbuh
Lahan yang akan digunakan untuk menanam dan budidaya blueberry harus terkena sinar matahari secara penuh dan tanahnya mempunyai sistem drainase yang baik. Tanaman blueberry akan tumbuh dengan baik pada tanah yang mempunyai pH sekitar 4,5 – 4,8. Apabila pH tanah terlalu asam, dapat dilakukan pengapuran dengan menggunakan kapur dolomit sesuai dengan kebutuhan. pH tanah bisa dicek dengan rutin setiap satu tahun sekali.

Penyerbukan blueberry
Blueberry ini punya bunga jantan dan betina dalam 1 pohon sehingga tidak ada masalah dalam proses penyerbukan. Akan tetapi bila dalam 1 lahan terdapat beberapa varietas blueberry, maka bisa melakukan penyerbukan silang untuk menghasilkan blueberry dengan varietas blueberry yang baru.

Penanaman bluberry
Tanaman blueberry ini mempunyai perakaran yang rapat serta melebar, sehingga lubang tanam yang dibuat lebar dengan kedalaman lubang bisa disesuaikan dengan tinggi media tanam saat tanaman diperoleh dari nusery tempat pembibitan tanaman blueberry.

Campurkan tanah subur yang kaya akan bahan organik dengan peat moss atau tanah gambut yang berasal dari tumbuhan lumut-lumutan dengan perbandingan 50 : 50. Jarak tanam ideal yang digunakan untuk menanam blueberry yaitu sekitar 1,8 – 3m.

Pemberian Mulsa
Berilah mulsa jerami diatas permukaan lubang tanam setebal 10 – 15cm supaya kelembaban tanah tetap terjaga dan pertumbuhan gulma bisa dikendalikan.

Pengairan
Pemberian air dilakukan secara teratur supaya tanah tetap lembab, akan tetapi jangan terlalu sampai tanah jenuh air.

Pemupukan
Pemupukan bisa dilakukan 2x selama masa pertumbuhan dengan dosis sebanyak 2 ons NPK 12-4-8 dengan jarak sekitar 30cm melingkar dari pangkal batang 1 ons ammonia sulfate bisa diberikan apabila tanaman terlihat menguning.

Pemupukan lanjutan yang diberikan pada tanaman perlu disesuaikan dengan pertumbuhan ruas daun. Pada tahapan munculnya tunas daun kedua dan ketiga pemupukan NPK 12-4-8 bisa diberikan sebanyak 4 ons.

Fase kemunculan daun ke 4,5,6 dan seterusnya, pupuk diberikan dengan dosis masing-masing 6,8, dan 10 ons.

Perlindungan dari hama
Apabila buah sudah muncul, ada baiknya buah langsung dilindungi atau dibungkus dengan menggunakan jaring nylon supaya buah tidak dimakan oleh hama burung.

Pemanenan blueberry
Supaya mendapatkan blueberry dengan kualitas baik, pemanenah buah dilakukan pada 4 – 6 hari sesudah buah berubah seluruhnya menjadi biru.

Itulah cara menanam dan budidaya blueberry untuk pemula yang bisa semua orang lakukan, semoga saja informasi tersebut bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi.

Incoming search terms:

  • makalah tanaman blueberry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *