Daftar Obat-Obatan Kimia Berbahaya Penyebab Hepatitis

Penyakit Hepatitis Kronis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat mengganggu fungsi organ hati. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik itu pria atau wanita, baik itu dewasa bahkan ibu hamil dan menyusui ataupun bayi yang baru lahir. Penyakit hepatitis dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan virus yang menyerangnya seperti : Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, Hepatitis E. Diantara penyakit tersebut, yang paling berbahaya adalah jenis Hepatitis B dan Hepatitis C karena bisa berujung pada kematian.

Ada beberapa hal yang dapat memicu penyakit hepatitis selain karena infeksi virus, yaitu : kebiasaan mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi obat-obatan tertentu/zat kimia berbahaya, komplikasi penyakit lain (komplikasi penyakit liver).

Daftar Obat-Obatan Kimia Berbahaya Penyebab Penyakit Hepatitis

obat-obatan kimiaSeperti yang telah disebutkan sebelumnya salah satu penyebab hepatitis selain infeksi virus ialah mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Nah, berikut ini adalah daftar obat-obatan kimia berbahaya yang bisa menjadi penyebab penyakit hepatitis kronis :

  • Acetaminophen : Acetaminopen merupakan salah satu jenis obat-obatan analgesik yang sering digunakan untuk meredakan sakit kepala dan demam. Bila dikonsumsi melebihi dosis maka mengkonsumsi
  • Acetaminophen : dapat menyebabkan gangguan pada hati dan mempengaruhi fungsi ginjal.
  • Amoxicillin : Mengkonsumsi Amoxilin dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Sehingga berakibat pada kerusakan hati, penyakit kuning, demam dan perubahan feses serta urin. Obat Amoxicillin dapat menjadi berbahaya bila dikonsumsi oleh pasien yang menderita pielonefritis, glumerulonefritis dan hepatitis.
  • Isoniazid : Isoniazid (INH) merupakan turunan dari asam isonicotinic hydrazide. INH terkenal karena kecenderungan menjadi penyebab penyakit hepatitis kronis.
  • Amiodarone : Obat Amiodarone biasanya digunakan sebagai obat anti aritmia, namun pada kasus tertentu penggunaan amiodarone dapat berdampak pada gangguan hati dan kelenjar tiroid. Sehingga menyebabkan penderita mengalami sakit kuning, sesak nafas dan batuk berkelanjutan.
  • Ciprofloxacin : Pasien yang menggunakan obat-obatan ciprofloxacin akan mengalami peningkatan SGOT dan kadar bilirubin meningkat yang artinya bila terus dibiarkan akan mengakibatkan penyakit hepatitis.
  • Diclofenac : Efek samping dari diclofenac yaitu gangguan hati, diare, mual, muntah, nyeri ulu hati, dll. Bila dikonsumsi oleh lansia biasanya akan lebih rentan mengalami kerusakan hati.
  • Erythromycin : penyebab hepatitis lainnya yaitu obat erythromycin karena obat jenis ini dapat menyebabkan kerusakan hati dan peningkatan enzim hati.

Sebenarnya masih banyak lagi obat-obatan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis seperti fluconazole, methyldopa, kontrasepsi oral, statin/HMG-COA, rifampicin. Sejatinya memang bahan-bahan kimia berbahaya akan berdampak pada kesehatan hati dan organ lainnya bila dikonsumsi dalam batas yang tidak wajar.

hepatitisOleh karena itu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter bila ingin mengkonsumsi obat-obatan kimia agar dosis nya disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Namun sebenarnya penggunaan obat-obatan kimia sangat tidak disarankan, lebih baik menggunakan Obat Hepatitis Kronis dan Akut yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman dikonsumsi tanpa harus khawatir efek samping yang menghantui.

Selain itu juga kenali gejala penyakit hepatitis dari dini agar penanganannya mudah dilakukan yaitu :

  1. Tubuh mudah lelah
  2. Sering merasa mual
  3. Nyeri perut tertama bagian liver
  4. Nafsu makan berkurang
  5. Urine berubah warna menjadi gelap
  6. Nyeri otot
  7. Perubahan warna kulit dan putih mata menjadi kuning.

Hepatitis dapat dicegah dengan melakukan imunisasi yang biasa diberikan pada anak usia 2-18 tahun, menjaga kebersihan diri, tidak memakai barang-barang yang sama dengan penderita hepatitis, tidak melakukan hubungan seks berganti pasangan, penggunaan jarum suntik berulang, tidak melakukan transfusi darah dengan penderita, dan membersihkan ceceran darah. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

| Daftar Obat-Obatan Kimia Berbahaya Penyebab Hepatitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *