Kenali 5 Tanda Penyakit Diabetes yang Sering Tak Disadari

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguang sistem endokrin yang menyebabkan tingkat glukosa / gula dalam tubuh kita menjadi tidak normal (berlebih). Semua itu terjadi karena jumlah insulin didalam darah tidak mencukupi ataupun  sel – sel tubuh tidak memberikan respon terhadap inisulin, sehingga gula tidak dapat masuk kedalam sel – sel tubuh manusia dan tidak bisa digunakan oleh tubuh manusia untuk bekerja secara normal. Diabetes type ini disebut diabetes melitus atau sering disebut kencing manis.

Penyakit diabetes sering disebut dengan penyakit keturunan karena berdasarkan kenyataannya, penyakit ini kerap dialami oleh mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penderita penyakit diabetes. Dalam  Pengobatan Untuk Penyakit Diabetes  ini tergolong cukup tidak mudah, hal tersebut bisa saja terjadi apabila kita tidak cermat dalam proses pemilihan pengobatan untuk penyakit diabetes.

Gejala Penyakit Diabetes

tandadiabetes

Penyakit diabetes memiliki gejala utama yang umumnya dialami seperti mudah haus, seringnya buang air kecil, dan juga mati rasa terutama pada pergelangan ditangan atau kaki. Namun dari gejala utama tersebut ada beberapa tanda atau gejala yang sering tak disadari oleh penderita penyakit diabetes, gejala dan tanda yang sering tak disadari tersebut adalah :

  1. Perubahan warna kulit
    Adannya perubahan warna kulit yang mana ditandai dengan bercak hitam pada lipatan kulit terutama dibelakang leher, siku, atau buku buku jari, hal tersebut bisa saja menjadi tanda awal kadar gula darah terlalu tinggi. Walaupun tanda atau gejala tersebut bisa saja disebabkan oleh faktor genetik yang bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang umumnya sering disebut dengan  acanthosis nigrican.
    Pernyataan mengenai gejala adanya perubahan warna kulit juga didukung oleh dokter kulit Sanjiv Saini, kadar insulin yang tinggi akan  memicu adanya pertumbuhan sel kulit dan melanin sehinga mengakibatkan adanya bercak hitam. Kondisi seperti ini bisa menandakan kadar gula darah yang sudah melebihi batas normal.
  2. Penglihatan Mata Berubah
    Penderita penyakit diabetes umumnya akan memiliki keluhan seperti penglihatan yang berubah, penglihatan buram, dan juga perubahan ketajaman penglihatan yang menjadi lebih baik. Adanya ketajaman penglihatan yang berubah membaik bisa saja menjadi tanda penyakit diabetes tipe 2. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan kadar air didalam tubuh, termasuk terjadi juga disekitar mata sehingga penglihatan ikut menjadi berubah.
  3. Gatal gatal
    Penyakit diabetes akan berpengaruh pada sirkulasi darah, sehingga akan mengakibatkan kulit menjadi kering dan gatal. Rasa gatal tersebut akan semakin dirasakan pada bagian tangan, kaki, dan juga telapak kaki.
  4. Pendengaran Menjadi Berubah
    Bila anda mengalami kejadian dimana anda ingin orang lain untuk mengulang perkataannya, karena terdengar kurang jelas, kemungkinan pendengaran anda terganggu dan anda dianjurkan untuk memeriksakan kadar gula darah anda.

    Orang yang memiliki kadar gula yang lebih tinggi tapi belum masuk dalam kriteria penyakit diabetes, umumnya akan mengalami gangguan dalam pendengaran. Karena menurut para ahli diabetes merusak pembuluh darah dan saraf ditelinga bagian dalam .

  5. Mendengkur
    Suara mengorok saat tidur atau juga mudah mengantuk disiang hari, merupakan gejala awal yang hampir separuh orang penderita diabetes melitus mengalaminya seperti halnya gangguan napas saat tidur.

Itulah kelima tanda atau gejala awal dari penyakit diabetes, kenali gejala gejala tersebut dan waspadai apabila kemungkinan kini tengah dialami oleh anda, jaga faktor kesehatan seperti menjaga pola makan dan rajin untuk berolahraga. Dan yang terpenting segera lakukan pengobatan sedari dini guna mengurangi untuk resiko terkenanya penyakit diabetes yang lebih parah .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *