Kesemutan Bisa Menyebabkan Stres dan Gangguan Penglihatan

Midchix.com – Penyakit autoimun yang menyerang saraf pusat disebut dengan Multiple Sclerosis. Kesemutan, kelumpuhan, dan penglihatan terganggu merupakan gejala dari serangan penyakit Multiple Sclerosis. Penyerangan dari penyakit ini memang tidak bisa diprediksi, karena suka tiba-tiba datangnya. Tetapi menurut Riwanti Estiasari seorang Dokter Spesialis Saraf dari RS Ciptomangunkusumo, ada beberapa hal yang memicu serangan penyakit ini, dan yang paling sering adalah pasien stres.

kesemutan stres

Menurut Riwanti saat ditemui dalam diskusi media di Rumah Sakit tempat ia bekerja (1/26/2016) mengakatan “Ada yang mengakatan kalau stres, otak akan menghasilkan zat kimia tertentu. Zat kimia timbul pada saraf-saraf itu bisa memicu timbulnya serangan”.

“Stres merupakan hal yang harus dihindari dan dijauhi oleh pasien MS” ujar Kanya Puspokusumo salah satu pasien MS. Beliau menceritakan kondisi stres pernah membuat dirinya mengalami koma selama 5 hari dan 6 bulan lumpuh.

Kanya mengungkapkan “Tahun 2004 saya punya masalah keluarga. Itu membuat saya stres berat dan jadilah pemicu serangan MS. Jadi hindari Stres”.

Hal serupa diungkapkan oleh pasien lainnya bernama Elisabeth. Menurutnya, pasien MS harus menjauhkan pikirannya yang akan membuat stres. Tambahan dari Elisabeth “Kita harus berpikiran positif, bersih dan jangan sampai stres”.

Kelelahan dan infeksi dari penyakit merupakan pemicu serangan MS lainnya. Menurut Riwanti “Pasien MS selalu diminta untuk menjaga kesehatannya. Kalau terkena infeksi, bisa memicu relapse”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *