Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Secara Tepat

Apakah anda sering kali mengalami nyeri yang sangat menyiksa di bagian tengah tas perut yang di sertai mual dan perut terasa kembung? Jika anda pernah mengalaminya ada kemungkinanan anda mengalami nyeri ulu hati. Dan pada kesempatan kali ini akan menginformasikan penyebab serta cara mengatasi nyeri ulu hati secara tepat.

penyebab dan cara mengatasi sakit ulu hati

Ulu hati atau dalam istilah ilmu medis di sebut dengan epigastrium, terletak di bawah tulang dada dan di atas pusar. Selain mual dan perut kembung, gejala lainnya yang dapat anda alami jika mengalami nyeri ulu hati adalah rasa nyeri pada ulu hati yang dapat di sertai dengan sendawa, kram, rasa lapar, penurunan berat badan dan muntah. Bahkan rasa sakit pada nyeri ulu hati tersebut dapat menyebar ke atas dada hingga menembus punggung. Saat mengalami kondisi tersebut, umumnya penderita segera mengonsumsi obat pereda nyeri ulu hati yang banyak tersedia di Apotik.

Apa penyebab nyeri ulu hati?

Ada banyak sekali kondisi ataupun gangguan kesehatan yang menyebabkan nyeri di ulu hati. Namun, ada beberapa penyebab umum yang sering kali menjadi pemicu nyeri ulu hati, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sindrom iritasi usus. Merupakan gangguan kesehatan yang menyerang usus besar yang di sebabakan karena dinding usus di lapisi oleh lapisan otot yang bergerak lebih kuat dan lama di bandingkan biasanya ketika membawa makanan dari perut melalui saluran usus menuju anus. Kondisi ini sering kali menyebabkan nyeri pada ulu hati yang di sertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti kram, perut kembung, sering buang gas, serta adanya frekuensi buang air besar.

2. Tukak peptik. Merupakan luka pada lapisan dinding lambung atau usus kecil, yang di sebabakan karena zat asam yang ada pada saluran pencernaan merusak permukaan dalam lambung dan usus kecil. Kondisi inipun sering kali menyebabakan nyeri ulu hati yang menyakitkan.

3. Pankreatitis. Merupakan gangguan ksehatan yang terjadi pada saat prankeas meradang. Kondisi yang menyebabkan nyeri ulu hati yang tembus hingga punggung ini umumnya di sertai dengan muntah. Gejala lainya dapat berupa perubahan pada warna kulit di sekitar pusar dan pinggul, perut kaku, dan rasa sakit pada perut seusai makan. Pada kasus yang kronis, kondisi ini umumnya menyebabkan penurunan berat badan dan tinja yang berbau tidak biasa serta berminyak.

4. Penyakit kantong empedu. Kantong empedu merupakan kantong kecil yang berada di bawah hati. Jika kantong ini bermasalah anda akan mengalami sakit perut yang luar biasa, yang diiringi dengan rasa mual, demam, nyeri dan tubuh gemetar.

5. Preeklamsia. Merupakan suatu kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil yang tidak di tangani secara benar. Kondisi ini juga umumnya merusak organ tubuh lainnya yang salah satunya adalah ginjal.

6. Kanker lambung. Kondisi ini terjadi pada saat sel kankes terbentuk di lambung. Kondisi ini sangat beresiko tinggi di alami oleh pria, perokok, berusia di atas 55 tahun, orang yang sering mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi di dalamnya, serta orang yang memiliki riwayat keluarga yang terkena penyakit ini.

Lalu bagaimana cara mengatasi nyeri ulu hati secara tepat?

Jika nyeri ulu hati yang anda alami hanya terjadi satu atau dua kali saja, maka kondisi tersebut dapat di atasi dengan mudah di rumah diantaranya dengan:

  • Mengonsumsi obat nyeri ulu hati antisida yang mungkin dapat membantu sekaligus mentralkan asam lambung sekaligus meredakan rasa sakit. Anda dapat mengonsumsinya 60 menit setelah makan atau sebelum tidur sebanyak 1-2 sendok atau 1 tablet.
  • Anda dapat mengonsumsi makanan ringan.
  • Hindari makanan tau minuman yang mengandung kafein, dan jenis makanan yang dapat mengiritasi perut.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi nyeri ulu hati secara tepat yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Namun harap diperhatikan, jika anda mengalami rasa sakit serta kram di perut, anda jangan menganggapnya sepele. Jika setelah mengonsumsi obat nyeri ulu hati alami kondisi anda tak kunjung mereda, anda dapat memeriksakan kondisi anda ke dokter, agar anda bisa mendapatkan resep khusus yang tepat untuk mengatasi nyeri ulu hati yang anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *