Tips Untuk Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Tips untuk mengatasi anak yang susah makan Bidan online -, Salah satu permasalahan para orang tua, yang sering kali mereka keluhkan adalah anak susah makan. Baik anak yang berusia 8-11 bulan, anak berusia 1 tahun hingga anak berusia 7 tahun. Padahal, masa-masa itulah masa yang sangat penting, dimana anak memerlukan suplay nutrisi yang baik, untuk tumbuh kembang mereka. Dan tak jarang, permasalahan tersebutpun sering kali menyebabkan para orang tua, terlebih sang ibu menjadi stres dan abhakan tertekan dalam menghadapi sang buah hati mereka.

tips untuk mengatasi anak yang susah makan
Ilustrasi anak yang susah makan

Faktor penyebab anak susah makan sendiri dapat meliputi faktor fisik maupun fsikis. Faktor fiik sendiri dapat di sebabkan karena adanya gangguan organ pencernaan ataupun adanya infeksidalam tubuh sang anak. Sedangkan faktor psikis dapat meliputi suasana makan yang tidak di sukai ataupun yang lainnya.

Tips ampuh untuk mengatasi anak yang susah makan

Adakah tips mapupun cara ampuh untuk mengatasi anak susah makan? mungkin pertanyaan tersebutlah yang sering kali ada dalam benak anda. Karena anda mungkin telah cukup lelah, dengan berbagai cara yang telah anda lakukan. Namun sering kali, hasilnya nihil dan anak masih saja sulit untuk makan. Namun, ada kemungkinanan ada beberapa catatan penting yang terlewatkan oleh anda saat memberi makan sang buah hati. Semoga beberapa tips berikut dapat membantu anda.

  • Menyajikan makanan dalam porsi kecil

Mengingat ukuran lambung si kecil belum mampu menambpung makanan terlalu banyak, maka anda dapat memberi makan sang buah hati sedikit demi sedikit.

  • Buat makanan yang bervariasi

Anda dapat mencoba membuat beberapa munu makanan, dan biarkan si kecil untuk memilih makanan yang mereka sukai.

  • Sajikan semenarik mungkin

Makanan dengan sajian kurang menarik, seringkali menyebabkan si kecil untuk memakannya. Untuk itu anda dapat menyajikan makanannya semenarik mungkin, seperti mencetak nasinya pada cetakan kecil animasi yang di sukainya.

  • Jadikan waktu makannya menyenangkan

Hindari memaksa, mengancam, menghukum atau memakuti-nakutinya. Dan  bukan hal yang yang tidak mungkin, hal tersebut menjadi faktor yang dapat menimbulkan trauma fisiologis baginya.

  • Batasi pemberian minum di sela makannya

minum air putih ataupun jus buah memang sangat baik untuk anak. Namun apabila itu di lakukan secara berlebih sebelum ataupun di sela waktu makannya, maka hal tersebut menjadi kurang baik. Sebab, anak akan merasa telah kenyang, karena tidak ada lagi tempat yang cukup untuk  menampung makanan di perut si anak.

  • Libatkan ia dalam menyajikan makanan

Seperti halnya anda meminta engambilkan buah atau sayur saat di swalayan, atau meminta tolong ia untuk membantu anda menyiapkan makanan di meja makan. Itu akan membantu ia untuk lebih semangat dalam menyantap makanannya.

  • Memberikan cemilan sehat

Jika aktivitasnya membuat anak menjadi susah untuk duduk manis menyantap makanannya, anda dapat menyisiatinya dengan memberikan cemilan sehat  dalam porsi kecil namun beragam. seperti bola-bola kentang sis wortel dan daging cincang, donat tabur keju, dan lain sebagainya.

  • Pemberian vitamin atau nafsu makan

Jika anak anda tidak mau makan sama sekali, anda dapat berkonsultasi atau tanya bidan perihal vitamin ataupun suplemen yang baik di konsumsi oleh buah hati anda.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi anak yang susah makan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *